Late Post

Harga Tiket Masuk Candi Borobudur


BangJO - Candi Borobudur merupakan tempat yang dinobatkan oleh UNESCO sebagai situs warisan dunia. Candi Borobudur memiliki 2672 panel relief, 504 arca Buddha, dan 72 stupa yang menghiasinya. Didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana tepatnya pada abad ke-8 masehi saat masa pemerintahan wangsa Syailendra.


Tempat wisata ini dapat dijadikan alternatif liburan bagi keluarga. Selain untuk berwisata, tempat ini juga dapat dijadikan edukasi bagi anak-anak untuk lebih mengenal salah satu dari 7 keajaiban yang ada di dunia. Hal yang menarik dari tempat ini adalah batuan yang tersusun rapi tanpa adanya perekat, maksudnya adalah hanya bongkahan batu yang tertumpuk.


Harga tiket masuk Candi Borobudur cukup ekonomis dan sebanding dengan apa yang tersaji didalamnya. Alangkah baiknya untuk mengetahui harga tiket masuk terlebih dahulu untuk mempersiapkan budget yang hendak anda bawa ke tempat wisata ini. Selengkapnya simak ulasan dibawah ini.


Zona

Terdapat 3 zona yang ada di Candi Borobudur, berikut penjelasannya:


1. Kamadhatu

Zona pertama yaitu bernama Kamadhatu, diberi nama Kamadhatu karena memiliki filosofi yang mencerminkan alam dunia yang terlihat dan sedang dialami oleh manusia sekarang. Pada zona ini terdapat 160 relief yang menjelaskan hukum sebab akibat atau Karmawibhangga Sutra.


Relief disini begitu jelas digambarkan mengenai sifat dan nafsu manusia yang terjadi di waktu ini seperti membunuh, merampok, memperkosa, fitnah, dan penyiksaan. Tudung stupa yang terdapat pada bagian dasar di zona Kamadhatu ini sengaja dibuka secara permanen, dengan tujuan agar pengunjung dapat melihat keindahan relief yang tersembunyi di bagian bawah.

2. Rupadhatu

Zona kedua yang terdapat di Candi Borobudur bernama Rupadhatu. Nama Rupadhatu dipilih karena memiliki arti sebagai alam peralihan, maksudnya adalah manusia telah dibebaskan dari urusan dunia. Disini terdapat 328 patung Buddha yang begitu indah dan juga memiliki hiasan relief pada ukirannya. 

Sebuah penelitian menurut manuskrip Sansekerta pada bagian ini terdiri dari 1300 relief yang berupa Gandhawyuha, Jataka, Lalitawistara, dan Awadana yang membentang sejauh 2,5 kilometer dengan total hingga 1212 panel.

3. Arupadhatu

Zona ketiga ini merupakan tempat yang sangat sakral, dinamakan Arupadhatu karena memiliki arti alam tertinggi, rumah Tuhan. Tempat ini memiliki tiga serambi dengan bentuk lingkaran yang mengarah ke kubah dan menggambarkan tentang kebangkitan dari dunia.

Tidak terdapat ornamen, relief, maupun hiasan yang menggambarkan dari kemurnian tertinggi ini. Serambi yang terdapat pada Arupadhatu terdiri dari stupa berbentuk lingkaran yang berlubang, lonceng terbalik, dan berisikan patung Buddha yang mengarah ke bagian luar candi. Setidaknya terdapat 72 stupa yang ada di Arupadhatu ini.

Lokasi

Candi Borobudur beralamat di Jl. Badrawati, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah 56553 Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut hubungi:

Phone : +62 293 788 266 / +62 293 788 267

Fax : +62 293 788 132

Email : borobudur@borobudurpark.co.id

Hubungi Kami


Harga Tiket Masuk Candi Borobudur

Harga Tiket Masuk Candi Borobudur
Pelajar atau Anak (Lokal)Rp18.000
Dewasa (Lokal)Rp40.000
Pelajar atau Anak (Luar Negeri)USD 20$
Dewasa (Luar Negeri)USD 30$
Keterangan: Harga sewaktu-waktu dapat berubah, alangkah lebih baik untuk bertanya terlebih dahulu ke bagian loket atau customer service.

Candi Borobudur dibuka setiap hari mulai pukul 06.00 – 17.00 WIB.

Ada waterpake bagus di dekat candi borobudur, yaitu Jogja Bay Waterpark. Barangkali anda ingin mengunjunginya juga.

Promo Tiket

Tiket Rombongan diskon:
1. Pelayanan Dispensasi

Umum: Diskon 10% untuk jumlah rombongan minimal 30 orang. Diskon bukan berupa potongan harga, melainkan berupa voucher tiket masuk gratis.

Pelajar: Diskon 10% untuk jumlah rombongan minimal 20 orang.

2. Syarat-syarat untuk mendapatkan dispensasi/keringanan biaya

Harga Tiket Masuk Candi Borobudur bagi Pelajar
Pelajar (Sekolah, Lembaga Pendidikan, Pondok Pesantren, TPA, Lembaga Kursus, LPK & sejenisnya). Mengajukan Surat Permohonan Dispensasi yang ditujukan kepada Kepala Unit Taman Wisata Candi yang akan dituju (Borobudur, Prambanan atau Ratu Boko), oleh Kepala Sekolah dan diberi stempel sekolahan yang bersangkutan. Masing-masing obyek dengan dilampirkan surat asli bukan foto copy.
Mencantumkan hari dan tanggal kunjungan serta jumlah siswa & guru/pendamping.

Jumlah pelajar minimal 20 orang, guru yang mendapat bebas biaya masuk hanya 10% dari jumlah siswa, selebihnya membeli tiket pelajar.

Umum

Ketua rombongan langsung mengurus ke counter tiket Rombongan untuk melaporkan jumlah rombongan dan dibayarkan oleh ketua rombongan atau TL (Tour Leader). Untuk umum peserta minimal 30 orang, dispensasi sebesar 10% dari jumlah rombongan, selebihnya tiket umum. Dispensasi berupa pengurangan tiket bukan uang.

Tips Berkunjung

Berkunjung lebih pagi untuk meminimalisir teriknya matahari.

Membawa payung karena teriknya matahari di siang hari.

Datang bersama rombongan untuk mendapatkan diskon.

Menurut kami harga tiket masuk Candi Borobudur yang kurang dari 50.000 rupiah sangat seimbang dengan keindahan yang disajikan. Selamat berwisata!.

No comments

Hubungi Kami