Late Post

Wisata Lampung Tengah Yang Layak Dikunjungi

BangJO - Meski tidak memiliki laut, Kabupaten Lampung Tengah ternyata juga memiliki objek wisata yang tidak kalah menarik. Panoraoma dan keistimewaannya tentu layak untuk dinikmati para wisatawan. Destinasi wisata di Lampung Tengah diantaranya :

Tugu Tangan dan Tugu Kopiah

Lampung Tengah memiliki wisata tugu. Ini merupakan salah satu tugu yang menjadi destinasi rekreasi bagi para pencinta foto. Tugu ini terdapat di taman budaya Gunungsugih. Di taman budaya gunung sugih ini terdapat beberapa tugu di antaranya tugu kopiah mas dan tugu tangan. Tugu yang berada di taman ini terletak di pinggiran jalan lintas Sumatra yang berada di daerah gunug sugih kabupaten lampung tengah.


Perjalanan untuk menuju taman ini membutuhkan waktu kurang lebih 1-2 jam perjalanan dari pusat kota Bandar Lampung. Dihimpun dari berbagai sumber, tugu-tugu ini juga memiliki filosofi. Tugu tangan yang berada di lampung tengah ini merupakan symbol dari masyarakat lampung secara umum, tugu tangan ini memiliki 4 tangan yang berdiri tegak dan masing–masing tangan menyanggah sebuah korsi yang berwana hitam dan korsi tersebut melambangkan korsi singgasana raja, dan sedangkan tugu tangan ini sendiri terinspirasi dari tangan–tangan penari lampung yang memiliki keindahan dan kelentikan di saat menari khas lampung.


Pada zaman dahulu Lampung memiliki kerajaan yang bernama kerajaan Sekala Brak yang berada di Lampung Barat dan kerajaan tersebut telah berdiri sejak 13 abad dan kerajaan ini saat itu masih menganut agama leluhur dan hindu. Kemudian pada abad ke 16 masehi kerajaan ini jatuh ke tanggan 4 pangeran pagaruyung yang berada di Sumatera Barat, dan setelah itu konsep kerajaan hindu diganti dengan istilah pemerintahan islam yang disebut dengan istilah Kepaksian. Untuk saat ini, tugu kopiah dan tugu tangan saat pas untuk dikunjungi dan dijadikan sebagai tempat foto-foto.


Danau Bekri dan Tirta Gangga

Lampung Tengah memiliki sebuah Danau. Danau Bekri namanya. Tempat ini merupakan danau alam yang terbentuk dari dua danau kecil dan berada diantara perkembunan kelapa sawit. Disini pengunjung akan dibawa kedalam suasana yang sangat menenangkan.

Merasakan suasana yang jauh dari hiruk pikup kota sembari menikmati pemandangan alam yang masih asri bisa anda rasakan ketika berkunjung ke objek ini. 

Danau ini beralamat di Kecamatan Seputih Mataran, Kabupaten Lampung Tengah, untuk menjangkau danau nan elok ini anda bisa melalui Kampung Wates, Kecamatan Bumiratu Nuban atau dari Gotong Royong Kecamatan Gunung Sugih. Selain panorama yang indah, Danau Tirta Gangga Lampung Tengah juga menyimpan sebuah nilai budaya yang menarik untuk ditelisik.

Patung Bima dan juga keberadaan pura yang ikonik ditengah danau menjadi objek yang indah sekaligus penuh makna. Danau dengan luas sekitar 200 hektar ini juga memiliki sunset yang indah ketika sore hari. 

Oleh sebab itulah sering menjadi incaran para pengunjung untuk menyaksikannya. Objek ini juga sangat fotogenik jika dijadikan objek foto pura, patung dan panorama danau juga sangat cantik akan membuat hasil jepretan yang ciamik. Anda tertarik bukan?


Curug Tujuh


Nah, ini juga tempat wisata yang menarik dikunjungi. Air terjun ini berada di Desa Marga Jaya, Selagai Lingga. Warga sekitar juga menamai air terjun ini dengan nama Air Terjun Marga Jaya. Lokasinya cukup jauh dari perkampungan dan juga kota. Berada di dalam kawasan hutan, suasana alami dan kesejukan yang ada di Air Terjun Curug Tujuh Lampung Tengah ini akan terasa menyenangkan. Lokasi ini juga masih sangat jarang dijamah oleh manusia sehingga masih sangat alami.

Bentuk air terjun ini cukup unik , air terjun membelah batuan besar yang ada di lokasi. Dibawahnya ada kubangan air yang besar sehingga bisa digunakan untuk berenang dan bermain air. Obek ini merupakan salah satu tempat wisata di Lampung Tengah yang sangat terkenal. Ayo ramai-ramai kita datang ke Curug Tujuh.

No comments

Hubungi Kami