Late Post

Taman Purbakala Pugung Raharjo Lampung Timur


BangJO – Salah satu destinasi wisata yang perlu anda kunjungi adalah situs Taman Purbakala Pugung Raharjo Lampung Timur. Di tempat ini anda tidak hanya disuguhi tempat untuk berwisata namun anda akan diajak merasakan suasana jaman batu yang bisa menambah pengetahuan anda.

Situs Purbakala Pugung Raharjo atau sering disebut juga Taman Purbakala Pugung Raharjo merupakan situs arkeologi yang terletak di Desa Pugung Raharjo, Kecamatan Sekampung Udik, Kabupaten Lampung Timur.

Jarak situs ini dari Ibu kota Bandar Lampung sekitar 43 km dengan waktu tempuh normal sekitar 2 jam perjalanan. Jika anda dari Bandar Lampun atau dari arah tersebut bisa menggunakan transportasi bus atau travel tujuan Lampung Timur.

Jika anda dari Bandara Raden Intan anda bisa mencari bus atau travel yang mengarah ke Lampung Timur via Kota Metro Lampung, namun jika anda mengalami kebingungan anda bisa kontak kami di no 08117244443 untuk bisa membantu perjalanan wisata anda lebih aman.

Selama perjalanan anda akan disuguhi pemandangan perkebunan, persawahan dan juga pemukiman. Jika anda melalui Kota Metro, anda juga bisa melihat Kota Metro yang terkenal dengan kebersihan dan kerapihannya itu.

Kemudian setelah sampai di objek wisata ini, anda akan merasakan nuansa purbakala yang sangat kental. Untuk harga tiket masuk wisata Pugung Raharjo ini hanya sebesar Rp.2000 saja. Namun jika anda ingin menggunakan jasa pemandu maka anda dikenai biaya Rp.75.000 Lalu ada apa saja di taman purbakala ini?

Rumah Informasi
Anda yang ingin mengetahui informasi mendalam terkait taman dan isi-isinya bisa datang ke rumah ini. Selain itu anda juga bisa melihat beberapa koleksi seperti guji, gerabah dan lainnya. Akan sangat disayangkan jika anda hanya sekedar berkunjung tanpa menelisik pengetahuan yang ada.

Benteng
Benteng yang dibangun bukanlah dari beton atau batu-batuan. Benteng purbakala ini berupa 2 gundukan tanah yang berada disebelah barat dan timur lokasi ini. Untuk panjang bentengnya diperkirakan sekitar 300 m (barat) dan 1200 m (timur). Peneliti sejarah mempredikisi bahwa benteng ini digubakan untuk berlindung terhadap binatang bus.

Punden Berundak
Objek ini yang sering digunakan untuk berfoto oleh para pengunjung. Ada beberapa punden yang sampai saat ini masih tersisa. Punden ini dulunya digunakan untuk ritual pemujaan. Bentuknya mengerucut menyerupai piramida sehingga terksan fotogenik untuk kalangan yang hobi berfoto. Salah satu yang menjadi ikon lokasi ini adalah punden berundak nya.

Batu Berlubang
Batu ini dipredisi digunakan sebagai alat menghaluskan bahan makanan. Benda ini terbuat dari batu kali berwarna abu-abu. Dinamai batu berlubang karena ada lubang pada bagian batu tersebut.

Komplek Batu Mayat
Merupakan batu-batu besar yang dususun membentuk formasi persegi empat. Ditengahnya berdiri sebuah batu yang dinamai batu mayat. Batu mayat tersebut berbentuk loncong yang kemudian ditancapkan kedalam tanah.

Kolam Megalitik
Kolam yang diprediksi sebagai tempat untuk mandi ini berada di sebelah timur taman. Sampai saat ini kolam masih berisi air. Anda bisa merendam kaki anda di kolam ini setelah puas berkeliling taman.

Dolmen Taman
Dolmen ini merupakan benda yang digunakan untuk meja pada jaman tersebut. Namun meja tersebut diprediksi sebagai tempat untuk menaruh sesaji.

Dari benda-benda peninggalan tersebut anda bisa sejenak membayangkan mengenai kehidupan pada jaman purbakala. Kemudian bisa menambah wawasan anda terhadap ilmu sejarah ataupun purbakala.

Taman ini juga memiliki beberapa sudut yang memang cantik sehingga menimbulkan kesan yang fotogenik. Artinya anda bisa berwisata mengulik sejarah sembari berfoto-foto.

Anda juga bisa mengajak buah hati anda ke tempat ini untuk mengenalkan bagaimana kehidupan pada jaman purbakala dahulu.

Demikianlah informasi terkait Taman Purbakala Pugung Raharjo Lampung Timur, semoga bisa menjadi bahan referensi anda untuk liburan atau piknik.

No comments

Hubungi Kami